Review: Bajaj Bajuri The Movie (Fajar Nugros, 2014)


Lupakan Mat Solar dengan perut tambunnya, atau Rieke Diah Pitaloka dengan ke-"oneng"-annya, Ahmad Bajuri, sang pebajaj legendaris, kini hadir dengan dengan figur yang lebih ramping, seramping Ricky Harun. Rieke Diah Pitaloka pun berubah menjadi Eriska Rein yang masih Oneng, tapi dalam versi lebih kalem. Pun Nani Wijaya, yang berubah menjadi Meriam Bellina, tetap nyablak dan bawel sebagaimana pendahulunya.

Tiga tokoh sentral yang menjadi pemeran utama dalam sitkom legendaris Bajaj Bajuri di Trans TV 12 tahun silam ini kini "diperbaharui" oleh Starvision Plus, serta diberikan bumbu petualangan yang lebih seru, tanpa menghilangkan unsur komedi yang menjadi ciri khasnya.

Hadir sebagai film lebaran tahun ini, Bajaj Bajuri The Movie rasa-rasanya berhasil menghibur penonton yang mungkin sudah mulai merindukan film-film komedi ringan seperti ini. 

Kehadiran Ricky Harun sebagai Mat Solar yang tidak terlalu lucu diimbangi oleh Muhadkly Acho yang berperan sebagai Ucup, sang side kick yang mencuri perhatian kami. Dan kalau Anda terhibur dengan "kebawelan" Emak ala Nani Wijaya, Anda pasti akan terhibur oleh performa Meriam Bellina yang tak pernah mengecewakan, tampil sama bawelnya seperti Emak aslinya. Dan walapun Eriska Rein dirasa masih berusaha terlalu keras dan kaku untuk menjadi Oneng, penampilan "oneng"nya tetap patut diberikan apresiasi. Pemain pendukung lainnya walaupun sedikit masa tayangnya, tetap memberikan performa maksimal mereka, dan menjadi pelengkap yang memperkuat keseluruhan kisah.

Fajar Nugros sebagai sutradara pun meningkat jauh dibanding karya-karyanya sebelumnya. Bajaj Bajuri The Movie bisa dinikmati dengan mudah dan diceritakan secara linear, walau kami merasa ada terlalu banyak sub-plot dalam cerita yang membuat Bajaj Bajuri The Movie jadi "terlalu ramai". Untungnya, semua cerita sampingan ini bisa disampaikan dengan tetap menarik oleh Nugros.

Dengan lagu pengiring yang ringan dan enak untuk diperdendangkan dari Andhika Triyadi, Bajaj Bajuri The Movie menjadi film lebaran yang asyik ditonton bersama sanak famili.

Komentar